Monday, September 23, 2019

Fungsi Compression Tester Serta Cara Menggunakannya

Fungsi Compression Tester Serta Cara Menggunakannya - Compression tester atau alat tes kompresi merupakan salah satu dari macam - macam alat ukur yang digunakan saat melakukan servis kendaraan.

Fungsi Compression Tester


Compression Tester

Compresion tester adalah alat untuk mengetahui besarnya kompresi pada suatu kendaraan. Biasanya orang awam mengecek kompresi hanya dengan jempol yang ditutupkan pada lubang busi dan bila jempol terlempar berarti baik, belum tentu juga sebenarnya.

Untuk itu alat yang paling tepat adalah compresion tester. Alat ini dibedakan menjadi pengukur tekanan kompresi untuk motor bensin dan pengukur tekanan kompresi motor diesel.

Manometer (skala pengukuran) pada alat ini berfungsi untuk menunjukkan besar tekanan kompresi silinder ketika dilakukan pengukuran. Di dalam manometer terdapat jarum penunjuk dan skala tekanan kompresi dalam beberapa yaitu Bar, Kg/cm2 dan PSi. 

Cara Menggunakan Compression Tester

  • 1. Melepas kabel tegangan tinggi (kabel busi) dan kabel tegangan tinggi koil.
  • 2. Melepas kabel tegangan tinggi dari coil, tujuannya adalah agar terjadi rangkaian tertutup pada sistem pengapian, sehingga coil tetap awet.
  • 3. Memasukkan ujung compression tester / ujung selang ke rumah busi, pastikan alat terpasang dengan benar dan tidak miring agar alat ataupun ulir pada kepala silinder tidak rusak.
  • 4. Starter mesin 5 - 10 detik saja (baterai dalam keadaan normal). Gas penuh / buka katup throttle penuh, tujuannya adalah agar udara yang masuk maksimal, sehingga hasil yang ditunjukan alat adalah data falid.
  • 5. Baca tekanan kompresi pada manometer, baca sampai jarum pada alat menunjukan angka tertinggi, bila sudah diangka tertinggi hentikan starter.
    Baca hasil pengukuran kompresi

    • 6. Bandingkan hasil pengukuran tekanan kompresi hasil dengan tekanan kompresi spesifikasi mesin tersebut.
    • 7. Lakukan pengukuran tekanan kompresi pada setiap silinder mesin.
    • 8. Setelah selasai melakukan cek tekanan kompresi, cabut compression tester lalu kalibrasi alat agar siap di gunakan lagi.
    • 9. Kalibrasi compression tester dengan cara hilangkan tekanan pada compression tester dengan menekan tombol (dop) pada compression tester untuk menghilangkan tekanan dan hasil pengukuran awal.
    • 10. Compression tester siap digunakan lagi untuk pengukuran tekanan kompresi pada silinder yang lainnya.
    • 11. Memasang kembali busi, kabel tegangan tinggi (kabel busi) dan kabel tegangan tinggi koil dengan benar.

    Jika saat melakukan tekanan kompresi tadi tekanan kompresi kurang dari nilai spesifikasinya mesin tersebut maka carilah penyebab terjadinya kebocoran kompresi tersebut.

    Jika selisih antara masing masing silinder lebih dari 1 kg/cm� berati kondisi kompresi mesin tidak sempurna

    Kobocoran kompresi / nilai kompresi yang rendah disebabkan karena ring piston yang aus, packing kepala silinder (cylinder head) yang telah rusak, penyetelan celah katup yang terlalu renggang, terdapat goresan pada dinding silinder dan lain sebagainya.

    Jika telah ditemukan penyebab kebocoran kompresi maka segera lakukan langkah perbaikan, setelah diperbaik lakukan pengetesan kompresi sekali lagi untuk memastikan tekanan kompresi mesin sesuai dengan nilai spesifikasinya.

      Friday, September 20, 2019

      7 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Di HP Android Baterai Tanam



      Touchscreen Tidak Berfungsi - Touchscreen atau layar sentuh merupakan bagian dari sebuah smartphone yang sangat sering berhubungan langsung dengan diri kita.



      Tidak heran jika masalah touchscreen hp tidak berfungsi kerap kali menjadi keluhan para pengguna android.



      Lantas bagaimana cara memperbaiki layar sentuh hp android yang tidak berfungsi sama sekali tersebut ?



      Oleh karena itu pada

      Thursday, September 19, 2019

      Noodle Hunting for Noodle Lovers

      Kalau berbicara kuliner, yang pastinya menjadi favorit kami sekeluarga adalah mie. Mau mie gayawestern ataupun mie gaya eastern, semuanya pasti enak. Kali ini, kami mau meliput (bahasanya berat euy) beberapa mie yang enak dan menjadi favorit kami dan keluarga. Oya, sebagian bakmi tersebut halal, dan sebagian tidak halal.

      1. Bakmi Ncek Legenda
      Bakmi Ncek Legenda Kelapa Gading
      Kedai bakmi non halal ini berada di kompleks ruko di daerah Kelapa Gading. Rukonya yang kecil tidak menyurutkan orang untuk mengicipi mi di sini. ciri khasnya adalah mie yang disediakan ada dalam berbagai ukuran, dari 130 gr hingga 1100 gram. Pilihan mienya ada mie keriting, mie karet, mie hongkong, bihun, kwetiau, dan nasi. Toppingnya pun bermacam-macam, dari ikan, ayam, sapi, dan juga babi. Yang cukup unik adalah nama untuk porsinya, seperti camat, gubernur, presiden, dan kaisar.
      Diktator 1.1 kg.
      Porsi kaisar. 
      Menu favorit kami kalau datang beramai-ramai adalah bakmi ultimate 8 macam topping. Kami juga pernah memesan menu kaisar yang berukuran 550 gram dengan 5 macam toping. Sedangkan menu yang paling besar adalah bakmi diktator dengan ukuran 1.1 kg. Untuk yang ukuran besar ini, jika sisa boleh dibawa pulang tetapi dengan kotak makan yang kita bawa sendiri.
      Ultimate 8 in 1 
      Saat ini Bakmi Ncek Legenda juga sudah ada di daerah Gading Serpong dan di Pluit juga.

      Bakmi Ncek Legenda
      Kelapa Hibrida Raya QK1/16
      Kelapa Gading
      Jam operasional: 07.00 – 16.00

      2. Noodle King Lotte Mart
      Mie gaya Korea ini pernah kami kunjungi saat kami main di Lotte Avenue. Ternyata beberapa bulan lalu mereka membuka cabang di Lotte Mart Kelapa Gading. Kami pun iseng makan saat Noodle King Kelapa Gading ini baru buka.
      Kalguksu 
      Walau namanya Noodle King, restoran satu ini juga menyediakan Korean barbeque dan juga makanan Korea lainnya. Banchan yang disediakan juga enak, hanya saja tidak bisa berulang kali refill. Refill  banchan atau side dish (kimchi dan acar) hanya dibatasi dua kali.
      Jajangmyun 
      Noodle King Kelapa Gading
      Lotte Mart Kelapa Gading lantai 2
      Jam Operasional: 10.00 – 21.00

      3. Ichiro Ramen Market
      Terletak di PIK Avenue, mie rame ini boleh dijadikan alternatif untuk makan bersama-sama. Yang membuat kami tertarik dengan ramen ini adalah free refill ramen dan ocha. Ternyata salah satu ramen yang terkenal di sini adalah ramen dengan kuah kental dan ellehan keju raclette-nya.
      Yummy.... Sumber foto: detikfood. 
      Kami mencoba memesan salah satu menu dari ramen non halal ini dan disarankan oleh petugasnya untuk meminta refill rainbow ramen. Rainbow ramen berarti warna ramennya bermacam-macam.
      Refill rainbow ramen yang aduhai banyaknya. 
      Ichiro Ramen Market juga berada di AEON Mall BSD, AEON Mall JGC, Lippo Mall Puri, dan Qbig BSD.

      4. Kwetiau Seroja Baru
      Kwetiau yang satu ini sudah menjadi langganan keluarga saya sejak saya masih kecil. Kakak-kakak saya selalu mengajak saya ke tempat ini saat ingin makan kwetiau yang halal. Walau ada bermacam-macam menu di sini, menu favorit kami adalah kwetiau goreng dan kwetiau siram.
      Kwetiau siram. 
      Kwetiau Seroja sekarang ini sudah berada di mall-mall juga loh.
      Kwetiau goreng 
      Kwetiau Seroja Baru
      Ruko Greenville Blok BG No.5
      Jl. Mangga Raya Duri Kepa Jakarta Barat
      Jam operasional: 10.00 – 23.00

      5. Bakmitopia
      Awalnya kami mendengar tentang nama bakmi ini karena kami sedang main di Mall Artha Gading. Saat itu, Bakmitopia baru buka dan sedang ada promo. Warna-warni mie halal ini membuat kami pun jadi tertarik untuk mencoba makan di sini.
      Bakmi green tea
      Bakmi yang kami pesan adalah bakmi arang, bakmi green tea, dan bakmi sambal matah. Dari ketiga macam bakmi itu, bakmi arang dan bakmi green tea yang menjadi favorit anak-anak dan oma-opa.
      Bakmi arang yang hitam. 
      Bakmitopia tersebar dibanyak wilayah. Untuk mengetahui lokasi-lokasi Bakmitopia, dapat dilihat di website mereka.
      Bakmi sambal matah.
      Bakmitopia
      www.bakmitopia.com
      Mall Artha Gading lantai 1
      Jam Operasional: 10.00 – 22.00

      Tuesday, September 17, 2019

      Cara Jumper Aki Mobil Tekor Ketika Dijalan

      Cara Jumper Aki Mobil Tekor Ketika Dijalan - Sebagai solusi sementara, kerap digunakan teknik jumper (jump start), alatnya kabel jumper. Untuk melakukan jumper tidak bisa sembarangan. Kadang mobil tidak dapat dinyalakan karena setrum aki habis, hal tersebut bisa diakibatkan karena lampu kabin lupa dimatikan semalaman atau setiap pagi mobil tidak pernah dinyalakan untuk memanasi mesin, kebanyakan orang awam yang asal menyambung aki mobil yang soak dengan aki mobil lain tanpa teknik.
      Jumper Aki

      Teknik jump start atau memancing aki yang tekor dengan menggunakan aki mobil lain bisa diterapkan untuk kembali mengidupkan mesin mobil. Istilah mudahnya, tindakan ini dilakukan untuk mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai mobil yang tekor dan dipakai untuk menyalakan mesin.

      Lebih baik memang sediakan kabel jumper didalam mobil untuk antisipasi jika aki tekor di jalan. Tetapi jika sampai salah jumper aki akibatnya bisa saja fatal dan dapat menyebabkan korsleting yang bisa mengakibatkan mobil terbakar.

      Cara Jumper Aki Yang Tekor (Jump Start) :

      Sebelumnya pastikan bahwa penyebab mesin tak mau hidup karena akinya. Sebetulnya jika terdapat trouble pada sistem pengisian mobil termasuk aki, lampu tanda CHG di dasboard akan nyala. 

      Atau bisa juga lakukan pengecekan dengan cara menyalakan lampu, jika nyala lampu redup akinya mungkin soak. Tetapi jika nyala lampu terang, berarti bukan masalah aki.

      Setelah yakin memang akinya yang tekor, dekatkan mobil lain yang akinya masih normal dalam posisi berhadapan, jaraknya sekitar 30 cm bemper-ke-bemper jika memungkinkan. 

      Jika mobil matic, pastikan tuas transmisi dalam posisi �park�. Jika mobil manual transmisi dalam posisi �neutral.� Rem tangan harus terpasang penuh.

      Sambungkan kabel jumper dengan urutan seperti berikut (lihat gambar). Jepitkan kabel jumper warna merah ke terminal (+) positif aki, lalu jepitkan ujung kabel yang satunya ke terminal (+)  positif aki yang tekor.
      Urutan pemasangan kabel jumper

      Setelah itu jepitkan kabel jumper warna hitam ke terminal (-) negatif aki. Dan ujung kabel satunya jepitkan ke komponen metal yang padat, stasioner dan terbuka (contoh, bagian depan baut dudukan mesin, jauh dari battery yang soak).

      Jika tidak memungkinkan, jepitkan pada lempeng logam mengkilat yang tidak di cat di dalam ruang mesin, namun jauh dari komponen bergerak misalnya fan belt. Atau bisa anda jepitkan ke kabel negative aki.
      Penting : Kabel ini sekarang sudah bisa terisi setrum. Jangan sentuhkan bagian penjepit kabel ke badan atau bagian mobil yang lainya.
      Pada saat proses penyambungan, usahakan ujung kabel tidak bersentuhan dengan logam atau penghantar listrik, karena akan menimbulkan setrum. Cek lagi bahwa tidak ada kabel menjuntai ke arah benda bergerak di ruang mesin.

      Setelah dilihat aman, hidupkan mobil yang normal selama 1-2 menit. Injak gas dengan pelan untuk sedikit meningkatkan putaran mesin.

      Setelah mesin hidup, biarkan selama lima menit dan sedikit di atas idle dengan menekan gas pelan, setelah itu biarkan menyala 20 menit dalam posisi idle (tanpa menginjak gas). 

      Prosedur ini seharusnya cukup untuk mengisi setrum pada aki. Lalu lepaskan kabel jumper secara hati-hati dengan urutan kebalikan dari cara pemasangan.

      Jika gagal pada percobaan pertama, mungkin perlu penjepit ground lain untuk kabel negatif, dan biarkan mobil yang normal hidup selama lima menit sebelum mobil yang rusak dhidupkan.

      Atau untuk pilihan terakhir, ujung kabel negatif dijepitkan pada kutub negatif aki yang rusak, namun berisiko memercik pada gas hidrogen yang keluar dari aki. Jika belum hidup juga, lebih baik mobil diderek.

      Dianggap Makan Gurita Hidup, Ria Ricis Dikecam Garda Satwa, Dan Ini Pembelaannya !!

      Featured Image
      YouTuber Ria Ricis kembali jadi sasaran kritik. Gadis berusia 24 tahun ini bermasalah lagi karena mengunggah video yang kontroversial. Seolah nggak sadar kalau subsriber-nya di YouTube mencapai 16,6 juta orang, Ricis melakukan aksi yang nggak baik untuk dicontoh. Dulu dia pernah dikritik komunitas pencinta lingkungan gara-gara video membuang squishy ke toilet dan pantai.

      Pada 22 Agustus, Ricis mengunggah video di YouTube berjudul “PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! – MUKBANG KOREA Tersiksa”. Dalam video berdurasi 10 menit dan 36 detik itu, Ricis bersama timnya mengaku sedang berada di Korea dan hendak makan gurita hidup. Ada beberapa gurita utuh yang masih bergerak-gerak dalam baskom. Berulang kali Ricis berkata kalau gurita itu masih hidup. Dia pun memakannya sedikit demi sedikit.

      Aksi Ricis ini dianggap Garda Satwa sebagai kekerasan pada hewan yang kejam dan nggak beradab, walaupun itu hewan untuk dikonsumsi. Kecuali kalau Ricis sanggup menelan gurita itu dalam satu kali telan, jadi hewannya langsung tewas dan nggak merasa sakit.

      Melalui Instagram Story, Ricis memohon maaf dan ngasih konfirmasi kalau sebetulnya dia makan gurita yang udah mati. Gurita itu kelihatan bergerak-gerak karena ada campuran garam atau bumbu lainnya. Menanggapi konfirmasi Ricis, Garda Satwa masih nggak puas.

      Kalau memang gurita yang dimakan udah mati, kenapa judul videonya “Makan Gurita Hidup”? Apalagi Ricis berulang kali berkata dalam video kalau gurita itu hidup. Mana nih yang bener? Tindakan Ricis yang ambigu bisa menyesatkan dan membahayakan orang yang menirunya. Pasalnya, dulu ada korban yang mati tersedak karena makan gurita hidup. Garda Satwa mengimbau Ricis agar lebih berhati-hati dalam membuat konten YouTube.

      Kasus terbaru Ricis ini menuai berbagai reaksi dari warganet. Ada sejumlah penggemar Ricis yang tetap membela idolanya tanpa memedulikan logika. Namun ada juga orang-orang yang nggak setuju pada aksi Ricis, bahkan meragukan konfirmasinya kalau itu gurita yang udah mati.

      “Menurut gw, kenapa ricis yg disorot? Karena followers dia banyak, dan dari kasus ini mungkin bisa jadi percontohan bagi yutuber lain kalo bikin konten itu yg bermanfaat, bukan menunjukkan sesuatu yg berbau kekerasan. Baik pada hewan maupun pada makhluk lain,” komentar akun @marlinda_dy31

      Selama ini berbagai aksi Ricis yang kontroversial memang bikin warganet sebal. Namun hal tersebut justru ia anggap sebagai pemacu semangatnya untuk terus berkarya. Semoga habis ini vlog Ricis lebih mengedukasi ya, More https://www.hipwee.com/showbiz/ria-ricis-makan-gurita-hidup/

      Perempuan Ini Diminta Buktikan Keperawanan oleh Tunangannya, Dokter Ungkap Fakta Sebenarnya




      Seorang dokter wanita asal Malaysia bernama Amalina membagikan cerita yang dialami oleh salah seorang pasiennya.
      Cerita tersebut diunggah Amalina melalui akun Twitter miliknya yang bernama @DrAmalinaBakri.
      Thread Twitter yang diunggah Amalina pada 6 September 2019 lalu lantas viral.
      Hingga artikel ini dimuat, cuitan itu telah diretweet hingga 32 ribu kali dan disukai 22 ribu kali.
      Amalina membagikan pengalaman seorang pasien wanita yang ia layani.

      Tunangannya tersebut meminta si pasien agar memberi bukti bahwa ia masih perawan sebelum mereka melanjutkan pernikahan.
      Tak hanya sang tunangan, bahkan pihak keluarga calon mempelai pria juga meminta hal yang sama.
      Karena bingung harus memberi bukti dalam bentuk apa, maka si pasien ini berkonsultasi pada Amalina.
      Ia bertanya apakah ada tes medis khusus untuk membuktikkan bahwa dirinya masih perawan.

      "Seorang gadis bertanya ke saya persoalan ini:
      "Dokter, bagaimana saya bisa membuktikkan kepada tunangan dan keluarganya kalau saya masih perawan. Ada tidak medical check up yang bisa menjadi bukti? Sebab mereka memintanya."
      First of all, I cannot believe that someone would ask such thing.

      (Pertama-tama, aku tak bisa percaya ada orang yang meminta hal semacam ini)," tulis Amalina di Twitter.
      Seorang gadis bertanya saya soalan ini: “Doktor, bagaimana saya nak buktikan kepada tunang dan family saya yang saya masih dara. Ada tak medical check-up untuk bagi bukti sebab diorang minta.”
      First of all, I cannot believe that someone would ask such thing.

      Meski demikian, Amalina lalu memberi pengetahuan umum tentang fakta dan mitos soal keperawanan, Ia mengunggah sebuah artikel kesehatan yang dibuat oleh seorang dokter bernama Prof Dr Imelda yang berjudul 'selaput dara'.

      "And it was really sad that her fiancé and family would even ask for evidence!

      Anyways, I’m not going to rant.

      Here’s an article from Prof Dr Imelda about ‘selaput dara’.

      Dan sangat menyedihkan bahwa tunangan dan keluarganya bahkan meminta bukti!

      Bagaimanapun, aku tidak berhak protes.
      Ini artikel dari Prof Dr Imelda tentang 'selaput dara'," lanjut Amalina.
      Cuitan Amalina ini sontak mengundang beragam komentar dari netizen.

      Bagaimana pendapatmu?

      Monday, September 16, 2019

      Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i

      TipsSolusi.com - Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i - Pada dasarnya sistem pembakaran yang ada pada mobil merupakan hal yang kompleks. Untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM rendah dibutuhkan setting yang berbeda untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM tinggi. Hal ini dikarenakan sifat-sifat dari campuran udara dan bahan bakar pada waktu pembakaran. Seberapa besar katup harus dibuka, berapa lama katup harus dibuka dan kapan katup harus dibuka semuanya.

      Setting-an RPM rendah akan mengakibatkan kinerja mesin saat berada di RPM tinggi terganggu dan tenaga yang dihasilkan menjadi berkurang. Begitu juga sebaliknya jika setting-an RPM tinggi maka akan mengakibatkan kinerja mesin kurang baik saat mesin berada di RPM rendah dan mesin mengelitik.

      Honda dalam pengembangan teknologi mesin otomotif di kawasan Asia bahkan global, terbilang unggul. Teknologi CVCC (compound-vortex controlled combustion), yakni teknologi irit bensin yang diterapkan pada Honda Civic di awal 1970-an, membuat Honda Motor Co melambung.

      Pelajaran dari CVCC membawa pabrik mobil tersebut melahirkan variable valve timing and lift electronic control (VTEC) yang pertama kali digunakan tahun 1990 pada Acura NSX, sport car pertama buatan Honda.

      1. VTEC
      VTEC kepanjangannya adalah Variable Valve Timing and Lift Electornic Control, ditemukan oleh insinyur Honda Ikuo Kajitani yang pertama kali digunakan pada sepeda motor Honda model CBR400 tahun 1983, teknologi pada mesin tersebut dimana katup masuk terbuka semuanya pada putaran mesin 8500 rpm. 

      Karakter tersebut hampir mirip dengan teknologi VTEC pada mobil yang cenderung bekerja pada putaran mesin menengah ke atas. VTEC bertujuan untuk meningkatkan efesiensi masuknya campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar pada mesin 4 langkah sehingga kemampuan mesin meningkat disetiap bagian putaran mesin, mengurangi kebisingan, menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi.
      Mesin honda dengan teknologi VTEC VTEC,
      kapasitas mesin 1,5 liter VTEC 4 silinder 16 katup,
      daya maksimum 110 PS pada putaran 5.800 rpm
       dan 14,6 kgm pada torsi 4.800 rpm.

      Teknologi ini mampu menghasilkan performa tinggi yang dibutuhkan sport car, namun tetap hemat bahan bakar. Teknologi VTEC ini lalu menjadi terobosan teknologi ramah lingkungan Honda Motor Co. VTEC kemudian diterapkan pada roadster Honda S2000 dan model-model lain.

      VTEC merupakan sistem pengkatupan yang sangat fleksibel dimana katup akan terbuka dengan tepat, dengan besar yang tepat, dan untuk jangka waktu yang tepat pada putaran mesin apapun. VTEC adalah sistem pengkatupan yang dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan efisiensi pembakaran internal 4-stroke.

      Yang dimaksudkan dengan pembakaran internal 4-stroke adalah pembakaran internal yang dihasilkan oleh gerakan piston dari 0 sampai 180 derajat. Sistem pengkatupan ini pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur Honda yang bernama Ikuo Kajitan dan kemudian dikembangkan oleh produsen-produsen mobil lainnya seperti Toyota misalnya dengan apa yang kita kenal sekarang VVT-i.

      2. DOHC VTEC
      Sistem mesin VTEC pertama kali diterapkan dengan menggunakan sistem DOHC (Double Over Head Camshaft). Sistem DOHC mengunakan dua buah "cam lobe" pada setiap katup dimana yang satu dioptimalkan untuk stabilitas pada putaran mesin rendah dan efisiensi bahan bakar sedangkan yang satu lagi dioptimalkan untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada putaran mesin tinggi.

      Mesin DOHC VTEC

      Peralihan diantara dua buah cam lobe tersebut ditentukan oleh tekanan yang dihasilkan oleh oli mesin, temperatur mesin, kecepatan kendaraan, dan kecepatan mesin. Ketika  putaran  mesin  bertambah  cepat, tekanan oli akan menekan sebuah pin yang akan mengunci cam putaran mesin tinggi sehingga cam kedua tersebutlah yang akan bekerja.

      3. SOHC VTEC
      Dikarenakan popularitas dan nilai pasar yang berkembang pesat terhadap sistem VTEC, Honda selanjutnya mengaplikasikan sistem VTEC pada mesin SOHC (Single Over Head Camshaft). Sistem SOHC ini hanya memiliki satu "cam shaft ". Camshaft ini dipergunakan baik dalam katup masuk (intake valves) maupun katup buang (exhaust valves). 

      Kelemahannya  adalah  bahwa  pada  sistem  seperti  ini, keuntungan  dari mekanisme VTEC hanya akan didapat pada intake valves. Hal ini disebabkan karena pada mesin SOHC, busi-busi (spark plugs) harus ditempatkan pada sudut yang bebas, sedangkan pada mesin SOHC, busi terletak diantara dua exhaust valves, sehingga mekanisme VTEC pada proses exhaust tidakmungkin dilakukan.

      4. SOHC VTEC-E
      VTEC-E merupakan pengembangan dari mekanisme VTEC sebelumnya. Agak berbeda, bukan efisiensi pada putaran mesin tinggi  yang ingin dihasilkan melainkan meningkatkan efisiensi pada putaran mesin rendah. Pada putaran mesin rendah, satu dari dua buah katup penerimaan terbuka sedikit sekali sehingga atomisasi dari bahan bakar dan udara di dalam silinder meningkat. Hal tersebut menghasilkan suatu campuran bahan bakar yang lebih sempurna. Ketika putaran mesin meningkat, kedua katup diperlukan untuk menyuplai campuran bahan bakar yang cukup.

      5. 3-Stage VTEC
      Sistem ini mengaplikasikan SOHC VTEC dan SOHC VTEC-E. Pada kecepatan rendah, hanya satu katup  penerimaan digunakan.  Pada kecepatan sedang, dua katup digunakan. Sedangkan pada kecepatan tinggi, mesin langsung  beralih  menggunakan mekanisme mesin VTEC standar.

      6. i-VTEC
      Honda menyempurnakan VTEC dengan menggabungkan VTC (variable timing control), jadilah apa yang disebut i-VTEC (intelligent-variable valve timing & lift electronic control). Keunggulan teknologi ini, meningkatkan daya pada kecepatan rendah, menengah dan  tinggi.  Sekaligus  meningkatkan  efisiensi  bahan  bakar  dan mengurangi emisi gas buang. 
      Bagaimana cara kerja i-VTEC?
      Pasokan bensin ke ruang bakar dilakukan lewat  katup  masuk  yang dikontrol camshaft. Ketika camshaft berputar  pada  porosnya, tonjolan/nok ini ikut berputar dan memukul rocker arm yang mendorong batang katup sehingga katup terbuka. 

      Ketika tonjolan sudah lewat, katup tertutup lagi. Honda membuat dua tonjolan cam pada tiap silinder. Tonjolan pertama disebut cam primer dan yang lebih kecil disebut cam sekunder. Pada  putaran rendah atau idle / langsam, kedua katup bergerak sendiri-sendiri. Karena cam sekunder lebih kecil maka bukaan katupnya juga kecil.

      Maka pasokan bahan bakarnya pun sedikit, sesuai kebutuhan saat itu. Keunikan teknologi ini terlihat pada putaran mesin 2200-2500 rpm. Sebuah piston pada rocker arm primer mengunci rocker arm sekunder.  Gerakan piston ini didorong oleh tekanan oli. Hasilnya, kedua katup bergerak bersama yang dikontrol cam primer.

      Sementara VTC juga bekerja pada cam masuk. Tugasnya menggeser fasa cam maju/mundur maksimal 50 derajad. Akibatnya, bukaan katup masuk, overlap dengan katup buang. Hasilnya, sebagian gas buang yang seharusnya terdorong keluar seluruhnya, terhisap masuk kembali dan dibakar. Inilah yang membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan. 
      Bagaimana VTC bekerja?
      Pergeseran cam dilakukan oleh VTC Actuator yang bekerja sesuai dengan aliran oli yang dikontrol VTC OCV (oil control valve). Oli ini bergerak dari pompa oli. Jika mesin sudah dijalankan, tekanan oli yang dihasilkan pompa oli akan meningkat hingga mencapai level tertentu yang membuat pin lock membuka dan actuator bekerja. Pergeseran maju mundur dikontrol VTC OCV.

      Otak dari kerja VTC adalah ECM / PCM atau  lebih  dikenal sebagai ECU (electronic control unit). Unit ini mengkalkulasi data dari sensor-sensor untuk menentukan apakah OCV harus mengeluarkan perintah mundur atau maju pada actuator. Bila terjadi trouble, misalnya oli tidak bekerja sempurna, CVT tidak akan bekerja, tapi VTEC tetap berfungsi. Teknologi mesin i-VTEC bisa disaksikan pada Honda New CRV dan Honda New Accord.
      Mesin dengan menggunakan teknologi i-VTEC 

      i-VTEC memperkenalkan fase camshaftyang dapat terus berubah-ubah pada " intake cam" dari mesin DOHC VTEC. Teknologi ini pertama kali diterapkan pada Honda K-series yang menggunakan mesin 4 silinder pada tahun 2001. Pembukaan katup dan durasinya masih terbatas pada profil putaran mesin rendah atau profil putaran mesin tinggi saja.

      Perubahan fase camshaft dijalankan oleh gigi-gigi penggerak yang fleksibel yang digerakkan oleh oli dan dikontrol oleh komputer. Fase ditentukan oleh kombinasi dari beban  mesin  dan  RPM.  Efek  dari  hal  tersebut  adalah optimalisasi  dari  torsi  yang dihasilkan, terutama pada RPM rendah hingga sedang. i-VTEC itu sendiri dibuat menjadi 2 kategori. 

      i-VTEC yang pertama adalah i- VTEC yang didesain untuk mobil performa tinggi seperti RSX Type S atau TSX. Untuk mobil yang diproduksi untuk digunakan sehari-harinya, mesin i-VTEC performa tinggi dapat ditemukan pada CR-V atau Accord. i-VTEC performa tinggi ini memiliki dasar pengembangan dari DOHC VTEC. 

      i-VTEC kategori kedua adalah yang mengutamakan efisiensi. Perbedaan dari kedua jenis i-VTEC itu sendiri dapat ditentukan dari tenaga yang dihasilkannya. i-VTEC yang diciptakan untuk mobil performa akan menghasilkan lebih dari 200 Horse Power sebelum mendapat modifikasi apapun sedangkan yang lainnya tidak akan menghasilkan lebih dari 160 HP. 

      Pada tahun 2004, Honda memperkenalkan i-VTEC V6. Pada mesin V6 ini tidak ada  pengaturan  fase cam, melainkan adanya teknologi menonaktifkan silinder. Pada  kecepatan rendah (dibawah 120km/jam) katup-katup pada satu silinder akan menutup.

      7. Advanced VTEC
      Pada 25 September 2006 Honda mengumumkan peluncuran mesin Advance VTEC  yang  akan  mulai  diproduksi  mulai  dari  3  tahun  ke  depan.  Mesin  baru  ini menggabungkan  teknologi pembukaan katup yang terus berubah-ubah secara terus-menerus dan pengaturan timing dari perubahan fase yang terus-menerus. Sistem baru ini akan menghasilkan kontrol yang optimal pada pembukaan katup penerimaan dan fase 10 untuk berbagai  kondisi  mengemudi  serta  meningkatkan torsi  yang  dihasilkan  pada kecepatan mesin apa saja.

      Dibandingkan dengan mesin 2.4 Li-VTEC ( CR-V dan Accord,  pengembangan ini diklaim aka  meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 13%. honda juga mengk laim bahwa emisi yang dihasilkan oleh mesin ini telah memenuhi standar yang lebih tinggi, emisi yang dihasilkan lebih rendah 75% dari ketentuan batas emisi yang diijinkan pada tahun 2005.

      8. Teknologi VVT-i Toyota
      Bila pada Honda dikenal dengan teknologi VTEC-nya maka untuk Toyota dikenal dengan teknologi VVT-i. Dengan dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tingkat permintaan para pengguna kendaraan agar memiliki mobil dengan mesin yang kuat dan bertenaga namun tetap irit bahan bakar dan ramah lingkungan telah menjadi memicu timbulnya teknologi baru yang dikenal dengan nama Variable Valve Timing-Intelligent atau lebih dikenal dengan sebutan VVT-i. Toyota mulai mempopulerkan mesin Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i) sejak tahun 2004. Teknologi ini merupakan pengembangan mesin variable valve timing (VVT), yang sudah digunakan sejak 1991. Perkembangan dari mekanisme katup tipe DOHC dapat dilihat pada teknologi ini. 

      VVT-i Toyota

      VVT-i merupakan teknologi yang mangatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar secara elektronik, baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dan mesin.

      VVT-i merupakan salah satu aplikasi teknologi informasi pada industri otomotif khususnya dalam hal penyempurnaan performa mesin.VVT-i  adalah  teknologi pengaturan katup pembakaran yang didasarkan pada putaran mesin dan posisi pedal gas. Ketika pengemudi memerlukan tenaga lebih besar, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga torsi mesin dapat meningkat.

      Sebaliknya, ketika hanya dibutuhkan sedikit tenaga mesin, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga bahan bakar yang dipergunakan lebih sedikit dan tentunya gas buang yang dihasilkan lebih bersih. Perbedaan mendasar yang dimiliki oleh sistem VVT-i adalah perputaran intake cam tidak perlu sama persis dengan perputaran mesin.

      Pada mobil tanpa sistem VVT-i, intake cam hanya mempunyai satu pola bukaan katup sehingga membuat mesin tidak dapat memaksimalkan tenaga mesin pada saat tenaga besar dibutuhkan dan tidak dapat meminimalkan bahan bakar yang dipergunakan ketika tenaga yang dibutuhkan tidak besar.

      Berdasarkan penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi VVT- i  sangat  membantu  pengemudi  memperoleh  kinerja  optimum  dari  mesin  sekaligus menjaganya tetap irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Berikut ini adalah rangkuman dari kinerja sistem VVT-i :

      Pembakaran yang stabil dapat diperoleh bahkan pada putaran mesin yang rendah. Dengan  putaran  mesin  yang  rendah  saat  stasioner (idle) maka efisiensi bahan bakarnya menjadi lebih baik.
      Kerugian tenaga mesin dapat dikurangi sehingga efisiensi bahan bakarnya meningkat. Selain itu, hasil gas buangnya pun lebih ramah lingkungan.
      Kemampuan  mesin  dapat  dioptimalkan  sehingga  tenaga  yang  dihasilkan  dapat maksimal.

      9. Dual VVT-i
      Penerapan sistem VVT-i pada kendaraan menyebabkan waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem VVT-i awalnya diaplikasikan pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol sehingga lahirlah sistem dual VVT-i.
      Dual VVT-i

      Katup intake dan exhaust yang diatur membuat pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misalnya pada saat start, sistem dual VVT-i akan mengatur katup agar mesin segera mendapatkan suhu ideal. Keuntungannya sistem dual VVT-I yaitu tenaga mesin meningkat di setiap putaran dan gas buang mesin menjadi ramah lingkungan.

      10. Valvematic

      Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continues valve lift control yang bekerja sama dengan sistem valve timing control milik VVT-I. Continues valve lift control merupakan komponen pada valvematic yang terus mengatur lebar jarak terbukanya katup sesuai kondisi mesin menyebabkan lebar jarak terbukanya katup dapat berubah - ubah sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien yang pada umumnya sistem pemgatur timing katup intake, lebar jarak terbukanya katup tidak bisa diubah. 

      Valvematic

      Sistem ini merupakan kerja sama perpaduan antara VVT-i yang berupa waktu buka tutup katup intake yang dapat divariasikan dan lebar jarak terbukanya katup yang dapat divariasikan oleh continous valve lift control sehingga pengaturan pembukaan katup masuk dan buang akan lebih presisi. 

      Pembukaan atau lebar jarak buka katup maksimum valvematic ini lebih besar dibandingkan katup biasa. Dengan cara kerja tersebut pengaturan suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin oleh valvematic akan lebih presisi karena lebar jarak terbukanya katup intake juga dapat divariaskan. Sebagai contoh saat pedal gas diinjak secara mendadak pun, penyesuaian antara suplai bahan bakar dan lebar jarak terbukanya katup tetap optimal.