Friday, January 17, 2020
8 Cara Mengatasi HP Mode Headset Terus Setelah Cabut Headset
HP Mode Headset - Pernah tidak kalian mengalami kejadian ketika sedang asik mendengarkan musik menggunakan headset lalu saat headset dilepas dari colokan jack audio HP, icon atau lambang headset tidak mau hilang ?
Efeknya :
HP tidak ada suara karena dikira HP masih dalam mode headset. Lantas bagaimana cara menghilangkan icon headset saat headset tidak terpasang di hp android yang kamu miliki
Sunday, January 12, 2020
Semarang Bridge Fountain, Jadwal & Lokasi Atraksi Jembatan Air Mancur Menari Pertama Di Indonesia
Setelah melakukan pemugaran di sejumlah titik seperti pembenahan di Kota Lama dan Taman Indonesia Kaya (Taman KB),
Semarang kembali memberikan kejutan bagi warganya atau siapapun yang sedang berkunjung ke Semarang dengan membangun jembatan air mancur menari atau yang lebih akrab dengan sebutan Bridge Fountain.
Bridge Fountain Semarang
Bridge Fountain atau Jembatan Air Mancur Menari akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Kota Semarang. Pasalnya, atraksi jembatan air mancur menari ini merupakan yang pertama di Indonesia.
Dengan demikian, sudah pasti akan menarik perhatian khusus bagi para wisatawan untuk berdatangan ke Kota Semarang demi melihat secara langsung atraksi air mancur ini.
Dengan demikian, sudah pasti akan menarik perhatian khusus bagi para wisatawan untuk berdatangan ke Kota Semarang demi melihat secara langsung atraksi air mancur ini.
Air mancur pelangi di Semarang persis seperti atraksi air mancur menari di Jembatan Banpo Sungai Han, Korea Selatan.
Di Semarang, air mancur menari di dua sisi jembatan dan menari di bagian tengah jembatan. Atraksi air mancur ini terlihat begitu cantik dan indah dengan gemerlapnya sorotan warna-warni lampu beserta alunan musik yang akan mengiringi air mancur menari.
Di Semarang, air mancur menari di dua sisi jembatan dan menari di bagian tengah jembatan. Atraksi air mancur ini terlihat begitu cantik dan indah dengan gemerlapnya sorotan warna-warni lampu beserta alunan musik yang akan mengiringi air mancur menari.
Jadwal Atraksi Air Mancur Menari Atau Semarang Bridge Fountain
Pertunjukan Bridge Fountain atau atraksi air mancur di jembatan ini bisa dinikmati oleh siapapun yang melintasinya.
Wahana Air Mancur Menari ini mengalami perubahan jadwal yang semula digelar setiap malam selama 30 menit dari pukul 19.30 WIB sampai dengan 20.00 WIB, menjadi hanya Jumat dan Sabtu pukul 19.30 - 20.00 WIB dan 21.00 - 21.30 WIB
Wahana Air Mancur Menari ini mengalami perubahan jadwal yang semula digelar setiap malam selama 30 menit dari pukul 19.30 WIB sampai dengan 20.00 WIB, menjadi hanya Jumat dan Sabtu pukul 19.30 - 20.00 WIB dan 21.00 - 21.30 WIB
Perubahan jadwal tersebut disebabkan karena kemacetan lalu lintas yang terjadi di area Jembatan Banjir Kanal Barat (BKB). Selain itu, perubahan jadwal ini juga dilakukan untuk menekan terkait operasional serta memperhatikan waktu belajar anak dan aktivitas kerja.
Lokasi Bridge Fountain Semarang
Bridge Fountain ini berada di Jembatan Banjir Kanal Barat (BKB) Semarang. Dari arah Jakarta tinggal ikuti saja petunjuk arah menuju Tugu Muda, maka nanti akan melewati jembatan tersebut.
Video Jembatan Air Mancur Semarang (Bridge Fountain Semarang)
Tuesday, January 7, 2020
Tiket Masuk Museum Macan Jakarta - Gambar, Info HTM, Alamat & Petunjuk Arah
Instagram.com/julita.pangestu |
Selain memiliki objek wisata bertemakan wisata alam seperti objek wisata pegunungan, curug, taman-taman bunga, dan lain sebaigainya.
Jakarta juga punya tempat wisata menarik bertemakan budaya dan kesenian.
Salah satu objek wisata yang mengusung konsep kesenian dan budaya tersebut adalah Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Macan.
Jakarta juga punya tempat wisata menarik bertemakan budaya dan kesenian.
Salah satu objek wisata yang mengusung konsep kesenian dan budaya tersebut adalah Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Macan.
Nah, hal menarik apa saja yang bisa kamu temukan di tempat wisata di Jakarta yang satu ini? Yuk, simak ulasan berikut ini.
Foto: Instagram.com/nyimas.kamilia |
Disini, kamu akan menemukan puluhan bahkan ratusan karya seni tingkat tinggi ciptaan dari seniman tanah air dan juga mancanegara.
Museum Macan resmi dibuka pada tanggal 3 November 2017.
Peresmian dilakukan oleh Filantropis sekaligus pendiri museum yang didesain oleh MET Studio London, Haryanto Adikoesoemo.
Peresmian dilakukan oleh Filantropis sekaligus pendiri museum yang didesain oleh MET Studio London, Haryanto Adikoesoemo.
Museum Macan adalah institusi pertama di Indonesia yang mengijinkan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia sampai seluruh dunia.
Museum ini dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter².
Di tempat ini wisatawan akan menemukan berbagai koleksi seni dari orang-orang ternama di dunia.
Di tempat ini wisatawan akan menemukan berbagai koleksi seni dari orang-orang ternama di dunia.
Museum Macan mengoleksi sekitar 800 karya seni yang telah dikumpulkan kolektor seni sekaligus pengusaha Indonesia, Haryanto Adikoesoemo, sang penggagas Museum MACAN sendiri.
Karya seni yang dipajang bukan hanya karya seniman asal Indonesia saja.
Bahkan, 50 persen dari total keseluruhan karya seni yang ada di dalam Museum Macan adalah ciptaan seniman luar negeri.
Bahkan, 50 persen dari total keseluruhan karya seni yang ada di dalam Museum Macan adalah ciptaan seniman luar negeri.
Instagram.com/museummacan |
Beberapa seniman luar negeri yang karyanya bisa kamu temukan di Museum Macan antara lain Yayoi Kusama yang berasal dari Jepang, On Kaware dari Jepang, Lee Mingwae dari Taiwan, dan Arahmaiani dari Amerika.
Fasilitas yang Tersedia di Museum Macan
Selain fasilitas berupa wahana wisata semacam area pameran karya seni, di Museum Macan tentunya juga tersedia beberapa fasilitas umum.
Fasilitas umum yang tersedia di tempat ini antara lain toilet, area parkir, klinik, tempat ibadah, tempat penitipan barang, ruang perawatan bayi, dan coffee shop.
Selain itu, di Museum Macan kamu juga akan menemukan fasilitas untuk memudahkan pengunjung penyandang difabel berupa jalur akses kursi roda, dan juga jalur akses kereta bayi jika kamu berkunjung membawa serta anak bayi.
Tak hanya sampai di situ saja, di Museum Macan juga sudah tersedia toko penjual berbagai macam barang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah seperti souvenir, hingga buku bertema kesenian dan budaya.
Spot Instagramable di Museum Macan
Instagram.com/agathacarolina |
Dots Obsession
Spot ini berisi karya seni ciptaan Yayoi Kusuma. Objeknya adalah beberapa bola berwarna kuning dengan ukuran lumayan besar, yang permukaannya dihiasi motif polkadot berwarna hitam.
Spot ini selain menarik dipandang mata, juga cukup unik untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto.
Spot ini selain menarik dipandang mata, juga cukup unik untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto.
Obliteration Room
Instagram.com/benedikngr |
Di sini kamu bisa berfoto dengan background ruangan yang dindingnya dicat putih, dengan hiasan beragam rupa dan warna stiker.
My Eternal Soul
Di area ini terdapat sekitar 500-an karya lukis yang juga dibuat oleh Yayoi Kusuma.
Lukisan-lukisan dengan corak gambar-gambar unik yang ada di spot ini juga sangat cantik untuk kamu abadikan ke bingkai foto.
Lukisan-lukisan dengan corak gambar-gambar unik yang ada di spot ini juga sangat cantik untuk kamu abadikan ke bingkai foto.
Infinity Mirrored Room
Dari semua spot yang ada, spot Infinity Mirrored Room iniliah yang biasa dipadati oleh pengunjung. Ya, karena spot ini memang instagenic abis.
Di sini, kamu akan menemukan sebuah ruangan gelap, yang dindingnya dipenuhi kaca dan bola berwarna-warni.
Cermin yang sudah diatur sedemikian rupa, menghasilkan pantulan bayangan bola yang menyala dalam jumlah tak hingga.
Foto yang dihasilkan di spot ini tentunya sangat cantik dan unik, ya!
Foto yang dihasilkan di spot ini tentunya sangat cantik dan unik, ya!
Namun sayangnya, kamu harus benar-benar memanfaatkan waktu apabila memasuki area ini.
Sebab, setiap pengunjung hanya diberi jatah sekitar 20 detik untuk berada di dalam Infinity Mirrored Room.
The Letter Writing Project
Spot ini berbeda dengan spot-spot sebelumnya yang lebih menarik sebagai tempat berfoto.
Spot The Letter Writing Project yang merupakan sebuah karya Lee Mingwei ini menawarkan sesuatu yang unik.
Spot The Letter Writing Project yang merupakan sebuah karya Lee Mingwei ini menawarkan sesuatu yang unik.
Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan menemukan banyak sekali surat yang ditulis oleh pengunjung.
Konon katanya akan dikirimkan ke alamat tujuan oleh pihak museum apabila pengunjung menginginkannya.
Konon katanya akan dikirimkan ke alamat tujuan oleh pihak museum apabila pengunjung menginginkannya.
Sedangkan apabila pengunjung tidak ingin suratnya dikirim atau surat yang ditulis tanpa nama dan alamat tujuan, maka surat-surat tersebut akan dibiarkan untuk dibaca oleh pengunjung lain.
Instagram.com/deahamdan |
Harga Tiket Masuk Museum Macan Jakarta
Harga tiket masuk Museum Macan yang harus dibeli pengunjung mungkin akan terasa cukup mahal bagi sebagian orang.
Namun percayalah, nominal yang akan kamu keluarkan bakal sebanding dengan apa yang bisa kamu temukan di dalam Museum Macan ini.
Saat ini, untuk masuk ke lokasi wisata yang bertema seni dan budaya ini, kamu harus membeli tiket masuk dengan rincian harga sebagai berikut:
Type Tiket | Harga |
---|---|
Dewasa | : Rp 100.000 |
Pelajar | : Rp 90.000 |
Anak-anak (Diatas 3 th) | : Rp 80.000 |
Lansia (Diatas 65 th) | : Rp 90.000 |
Anak di bawah 3 th | : Gratis |
Tiket tersebut bisa kamu beli secara langsung di loket, ataupun dengan memesannya secara online melalui situs resminya.
Jam Buka
Untuk sahabat Kenzie yang ingin berkunjung ke Museum Macan Jakarta, kamu bisa datang pada hari Selasa - Minggu pukul 10.00-18.00 WIB. Museum Macan tutup di hari Senin.
Peraturan Museum Macan
Museum Macan juga mempunyai beberapa peraturan yang harus ditaati oleh setiap pengunjung. Peraturan itu antara lain:
- Tidak boleh menyentuh karya seni, bahkan tangan yang bersih saja tidak boleh menyentuhnya.
- Ponsel harus diatur ke mode senyap dan jangan melakukan percakapan lewat telepon saat berada di area pameran.
- Berbicara dengan sipan dan lembut.
- Tidak boleh mengenakan sepatu roda ketika berada di dalam galeri.
- Ransel, payung, dan tas yang ukurannya lebih besar dari pada tas tangan maka harus dititpkan. Jadi suatu waktu, tas atau barang lainnya akan diperiksa demi alasan keamanan.
- Minuman dan makanan tidak boleh dibawa ke dalam galeri. Makanan dan minuman hanya boleh dimakan dan diminum di cafe.
- Boleh memotret namun tidak boleh menggunakan flash.
- Boleh menggambar sketsa menggunakan pensil di area galeri, akan tetapi hanya boleh menggunakan buku berukuran maksimal 22cm x 28cm. Menggambar tidak boleh menggunakan krayon, arang, spidol permanen, cat air dan cat minyak.
- Pengunjung dan staf museum masing-masing memiliki hak atas lingkungan bebas dari kekerasan, ataupun hal-hal yang bisa mengancam jiwa serta keselamatan. Dan pihak museum mempunyai hak untuk mengeluarkan pihak yang berperilaku tidak sesuai tersebut. Pelanggaran yang terjadi bisa menimbulkan tuntutan-tuntutan.
Alamat & Lokasi Museum Macan Jakarta
- Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
- Dekat pintu tol Kebun Jeruk, sebelah pegipegi.com, deretan RCTI
- 6,5 km dari Stasiun Pesing
- 5,4 km dari Lippo Mall Puri
- 5,3 km dari Jakarta Aquarium
- 4,5 dari Mall Taman Anggrek
Peta & Petunjuk Arah Menuju Lokasi
Sunday, January 5, 2020
5 Solusi Suara Penelpon Tidak Dapat Terdengar Penerima Telepon
Tidak Bisa Mendengar Suara Penelpon - Pernah tidak kamu ngalami kejadiaan dimana saat nelpon suara tidak dapat didengar oleh si penerima telepon ?
Sudah bicara keras, tapi tetap saja lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita (penelpon). Seakan - akan suara di hp kita tidak mau keluar.
Setelah melakukan beberapa pengecekan, ternyata suara telepon yang tidak terdengar tersebut dikarenakan
Thursday, December 26, 2019
8 Cara Cepat Memperbaiki Suara Speaker HP Pecah Agar Gak Bunyi Kresek-Kresek
Suara Speaker HP Pecah - Apa kamu pernah mengalami kejadian dimana suara speaker HP android pecah ?
Ciri - cirinya speaker hp bunyi kresek-kresek (cempreng) saat telepon, mendengarkan musik, ataupun video youtube.
Meskipun 80% cara memperbaiki speaker hp yang pecah adalah dengan ganti buzzer audio, sebenarnya kamu masih bisa mengatasi masalah tersebut sendiri kok ..
Misalnya saja :
cara
Wednesday, December 11, 2019
Jenis - Jenis Ruang Bakar Pada Mesin Diesel
Jenis - Jenis Ruang Bakar Pada Mesin Diesel - Pada umumnya ada 2 macam ruang bakar mesin diesel yaitu:
- Ruang bakar injeksi langsung (direct injection combustion chamber)
- Ruang bakar tidak langsung (in-direct injection combustion chamber).
1. Ruang bakar injeksi tidak langsung (in-direct injection combustion chamber)
Ruang bakar injeksi langsung adalah mesin yang lebih efisien dan lebih ekonomis dari pada mesin yang menggunakan ruang bakar tidak langsung (prechamber), oleh karena itu mesin diesel injeksi langsung lebih banyak digunakan untuk kendaraan komersial dan truk, selain dari itu dapat menghasilkan suara dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah.
Ruang bakar injeksi tidak langsung |
Pada ruang bakar injeksi tidak langsung tampak bahwa bahan bakar diinjeksikan oleh pengabut (nozzle) tidak secara langsung pada ruang bakar utama (combustion chamber), namun diinjeksikan dalam ruang pembakaran awal (pre-chamber). Dalam pemakaiannya ruang pembakaran awal ini terdapat beberapa jenis diantaranya controlled air swirl chamber, comet air swirl chamber , Suarer dual-turbulence system, dan pre- chamber system.
Masing-masing bentuk dan sistim yang dikembangkan memiliki keunggulan dan kelemahan, namn pada umumnya tipe ruang bakar ini dipasangkan pada kendaraan penumpang dimana kenyamanan lebih penting dari pada kendaraan komersial, disamping itu mesin diesel dengan ruang bakar prechamber menghasilkan sangat rendah racun emisi (HC dan NOx) dan biaya pembuatan lebih rendah daripada mesin injeksi langsung. Berdasarkan kenyataan itulah mesin diesel dengan ruang bakar injeksi tidak langsung (prechamber) pemakaian bahan bakarnya lebih hemat dari pada mesin injeksi langsung (10 - 15%).
a. Ruang bakar kamar depan :
Bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombustion-chamber). Sebagian akan terbakar ditempat dan sisa bahan bakar yang tidak terbakar ditekan melalui saluran kecil antara ruang bakar kamar depan dan ruang bakar kamar utama dan selanjutnya terurai menjadi partikel yang halus dan terbakar habis diruang bakar utama (main combustion).
b. Ruang bakar kamar pusar (swirl chamber) :
Kamar pusar (swirl chamber) mempunyai banyak bentuk spherical. Terlihat pada gambar berikut dimana udara yang dikompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulen ditempat bahan bakar yang diinjeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar utama melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
2. Ruang bakar injeksi langsung (direct injection)
Berbeda dengan tipe pembakaran tidak langsung, pada motor diesel pembakaran langsung, injeksi bahan bakar langsung ditujukan kedalam ruang bakar utama (combustion chamber), sehingga konstruksinya lebih sederhana.Ruang bakar injeksi langsung |
Disamping itu tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dibandingkan dengan tipe pembakaran tidak langsung, namun karena membutuhkan tekanan kompresi yang lebih besar, maka suara yang ditimbulkan akan lebih besar, disamping itu membutuhkan material yang lebih kuat pula.
Mesin diesel menggunakan bahan bakar yang memerlukan perhatian khusus. Bahan bakar tersebut harus bisa terbakar dengan sendirinya ketika diinjeksikan ke dalam udara bertekanan tinggi. Makin rendah titik nyala sendiri dari bahan bakar akan menghasilkan peningkatan kinerja pembakaran bahan bakar dan berarti meningkatkan kinerja mesin.
Untuk mengukur kemampuan bahan bakar menyala dengan sendirinya digunakan angka cetane number. Rata-rata mesin diesel membutuhkan bahan bakar dengan bilangan cetane antara 40 hingga 45.
Angka ini diperlukan sebagai batasan pemakaian bahan bakar terhadap mesin. Apabila angka cetane yang dipergunakan tidak sesuai dengan rancangan mesin, timbul masalah sebagai berikut. Jika terlalau tinggi, timbul efek panas yang berlebihan terhadap mesin sehingga komponen mesin cepat rusak.
Jika terlalu rendah, mengakibatkan timbulnya gejala ngelitik/knocking, sehingga opasitas gas buang akan berlebihan karena pembakaran mesin tidak terjadi dengan sempurna. Asap gas buangan mesin menjadi hitam pekat.
Proses Pembakaran Mesin Diesel :
Syarat-sayarat yang sangat penting dari proses pembakaran mesin diesel diantaranya adalah- Emisi yang rendah
- Suara pembakaran yang rendah
- pemakaian bahan bakar yang hemat.
Mesin diesel menggunakan bahan bakar yang memerlukan perhatian khusus. Bahan bakar tersebut harus bisa terbakar dengan sendirinya ketika diinjeksikan ke dalam udara bertekanan tinggi. Makin rendah titik nyala sendiri dari bahan bakar akan menghasilkan peningkatan kinerja pembakaran bahan bakar dan berarti meningkatkan kinerja mesin.
Untuk mengukur kemampuan bahan bakar menyala dengan sendirinya digunakan angka cetane number. Rata-rata mesin diesel membutuhkan bahan bakar dengan bilangan cetane antara 40 hingga 45.
Cetane number atau bilangan cetane adalah sebuah angka yang menentukan titik bakar dari bahan bakar.
Angka ini diperlukan sebagai batasan pemakaian bahan bakar terhadap mesin. Apabila angka cetane yang dipergunakan tidak sesuai dengan rancangan mesin, timbul masalah sebagai berikut. Jika terlalau tinggi, timbul efek panas yang berlebihan terhadap mesin sehingga komponen mesin cepat rusak.
Jika terlalu rendah, mengakibatkan timbulnya gejala ngelitik/knocking, sehingga opasitas gas buang akan berlebihan karena pembakaran mesin tidak terjadi dengan sempurna. Asap gas buangan mesin menjadi hitam pekat.
Proses Pembakaran Pada Mesin Diesel :
1. Pembakaran tertunda (A - B)
- Tahap ini merupakan persiapan pembakaran.
- Bahan bakar disemprotkan oleh injektor berupa kabut ke udara panas dalam ruang bakar sehingga bercampur menjadi campuran yang mudah terbakar.
- Pada tahap ini bahan bakar belum terbakar atau dengan kata lain pembakaran belum dimulai. Pembakaran akan mulai pada titik B.
- Peningkatan tekanan terjadi secara konstan karena piston terus bergerak ke TMA
2. Rambatan Api (B - C)
- Campuran yang mudah terbakar telah terbentuk dan merata di seluruh bagian dalam silinder. Awal pembakaran mulai terjadi di beberapa bagian dalam silinder.
- Pembakaran ini berlangsung sangat cepat sehingga terjadilah letupan (explosive). Letupan ini berakibat tekanan dalam silinder meningkat dengan cepat pula.
- Akhir tahap ini disebut tahap pembakaran letupan.
3. Pembakaran langsung (C - D)
- Injektor terus menyemprotkan bahan bakar dan berakhir pada titik D.
- Karena injeksi bahan bakar terus berlangsung maka tekanan dan suhu tinggi terus berlanjut di dalam silinder.
- Akibatnya, bahan bakar yang diinjeksi langsung terbakar oleh api.
- Pembakaran dikontrol oleh jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sehingga tahap ini disebut juga tahap pengontrolan pembakaran.
4. Pembakaran lanjutan (D - E)
- Pada titik D, injeksi bahan bakar berhenti, namun bahan bakar masih ada yang belum terbakar.
- Pada periode ini sisa bahan bakar diharapkan akan terbakar seluruhnya.
- Apabila tahap ini terialu panjang akan menyebabkan suhu gas buang meningkat dan efisiensi pembakaran berkurang.
Friday, December 6, 2019
Sistem Pengapian CDI Motor & Cara Kerjanya
Sistem Pengapian CDI Motor & Cara Kerjanya - Seperti yang telah di ketahui bahwa sistem pengapian konvensional memanfaatkan gerakan mekanik kontak platina untuk menghubung dan memutus arus primer. Maka platina mudah sekali aus, yang menyebabkan platina memerlukan penyetelan / perbaikan dan penggantian setiap periode tertentu.
Hal ini merupakan kelemahan dari sistem pengapian konvensional. Dalam perkembangannya, ditemukan sistem pengapian elektronik sebagai penyempurna sistem pengapian. Salah satu sistem pengapian elektronik yang populer adalah sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition).
Sistem pengapian CDI merupakan sistem pengapian elektronik yang bekerja dengan memanfaatkan pengisian (charge) dan pengosongan (discharge) muatan kapasitor. Proses pengisian dan pengosongan muatan kapasitor dioperasikan oleh saklar elektronik seperti halnya kontak platina (pada sistem pengapian konvensional).
Hal ini merupakan kelemahan dari sistem pengapian konvensional. Dalam perkembangannya, ditemukan sistem pengapian elektronik sebagai penyempurna sistem pengapian. Salah satu sistem pengapian elektronik yang populer adalah sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition).
Pengertian Sistem Pengapian CDI (Capacitor Discharge Ingnition)
Sistem pengapian CDI merupakan sistem pengapian elektronik yang bekerja dengan memanfaatkan pengisian (charge) dan pengosongan (discharge) muatan kapasitor. Proses pengisian dan pengosongan muatan kapasitor dioperasikan oleh saklar elektronik seperti halnya kontak platina (pada sistem pengapian konvensional).
CDI (Capacitor Discharge Ignition) |
Jika dibandingkan pada mobil, sistem pengapian CDI lebih populer digunakan pada motor, karena lebih simple sehingga lebih cocok jika diletakan pada sepeda motor yang memiliki ruang terbatas.
Baca Juga : Komponen Pengapian CDI Motor Beserta Fungsinya
Sistem pengapian CDI lebih menguntungkan dan lebih baik jika dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional yang masih menggunakan platina (contact breaker point).
Pada sistem pengapian CDI tidak lagi diperlukan penyetelan, seperti penyetelan celah platina pada sistem pengapian konvensional. Komponen platina telah digantikan oleh thyristor sebagai saklar elektronik dan pulser (pick-up coil) yang dipasang dekat rotor (stator coil).
Dengan sistem pengapian CDI, tegangan pengapian yang dihasilkan lebih besar (sekitar 40 KV) dan stabil sehingga proses pembakaran campuran bensin dan udara semakin sempurna, dengan demikian terjadinya endapan karbon pada busi juga bisa dihindari.
Berikut komponen pada sistem pengapian CDI (beberapa diantaranya terkadang tidak dipakai karena sesuatu hal) :
1 | Kumparan pengisian (charging coil). | 9 | Pengatur/penyetabil tegangan (voltage regulator/stabilizer). |
2 | Kumparan pemicu (trigger/pulser coil). | 10 | Transformator penaik tegangan (voltage step up transformer). |
3 | Penyearah (rectifier). | 11 | Pengubah tegangan (voltage converter/inverter). |
4 | Baterai (battery). | 12 | Pelipat tegangan (voltage multiplier/inverter). |
5 | Sekering (fuse). | 13 | Kumparan pengapian (ignition coil). |
6 | Kunci kontak (contact switch). | 14 | Kabel busi (spark plug cable). |
7 | Kondensator (capacitor). | 15 | Busi (spark plug). |
8 | Saklar elektronik (SCR). | 16 | Sistem pengawatan (wiring system). |
Cara Kerja Sistem Pengapian CDI Motor
Ketika kunci kotak ON komponen CDI belum bekerja, ketuka mesin mulai dinyalakan koponen CDI baru mulai bekerja. Dimana akan menghasilkan tegangan dari pulser (pick up coil) yang akan digunakan untuk pemicu ke pengguat tegangan serta SCR.
Disisi lain untuk arus dari accu akan mengalir ke fuse (sekering) dan mengalir ke kunci kontak yang kemudian ke penguat tegangan pada CDI. Pada tegangan dari Accu sebesar 12 DC volt akan naik menjadi 100 - 400 AC volt, setelah itu dialirkan melalui dioada sehingga tegangan akan menjadi 100 - 400 DC volt yang mana akan tersimpan pada Capasitor.
Apabila arus ke kumparan primer terputus, maka yang terjadi induksi listrik mutual di kedua kumparan primer dan sekunder yang nantinya akan dikirim ke busi untuk menghasilkan percikan api. Pada percikan api tersebut berfungsi untuk proses pembakaran bahan bakarnya.
Subscribe to:
Posts (Atom)