Wednesday, April 21, 2021

Bagaiamana Cara Melihat Arti Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki

 TipsSolusi.com - Arti Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki - Warna kabel pada setiap merek motor memiliki arti berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif (+) dan muatan negatif (-).


Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki Beserta Fungsinya


1. Warna Kabel Motor HONDA

  • Hijau : Massa (-)
  • Merah : Batteray / Accu (+)
  • Hitam : Kunci kontak untuk pengapian DC
  • Hitam Garis Putih  : Kunci kontak untuk pengapian AC
  • Putih Di spul : Pengisian
  • Putih Di Kepala : Lampu depan dekat
  • Biru : Lampu depan jauh
  • Kuning : Arus listrik ke saklar lampu
  • Abu - Abu : Flasher
  • Biru Laut : Sein kanan
  • Orange : Sein kiri
  • Coklat : Lampu seri
  • Hitam Garis Merah : Spull ke CDI (arus AC)
  • Hitam Garis Putih : Kunci kontak
  • Biru Garis Kuning : Pulser CDI
  • Hijau Garis Kuning : Lampu Rem

2. Warna Kabel Motor YAMAHA

  • Hitam : (massa)
  • Merah : (batteray +)
  • Kuning : Lampu depan jauh
  • Hijau : Lampu depan dekat
  • Coklat : Arus (+) ke kunci kontak
  • Coklat tua : Sein kiri
  • Hijau tua : Sein kanan
  • Putih Garis Merah  : Pulser
  • Hijau Garis Hitam : Rem
  • Pink : Klakson
  • Biru : Lampu seri
  • Hijau Garis Kuning : Swit rem depan
  • Biru Garis Putih : Electric stater
  • Coklat dan hijau : Spul CDI
  • Orange : Koil
  • Hitam Garis Putih : Kunci kontak
  • Coklat Garis Putih : Flasher sein

3. Warna Kabel Motor KAWASAKI

  • Hitam Garis Kuning : Massa (-)
  • Putih Merah : Batteray / Accu (+)
  • Merah Garis hitam : Lampu depan jauh
  • Merah Garis Kuning : Lampu depan dekat
  • Abu Abu : Sein kanan
  • Hijau : Sein kiri
  • Biru : Lampu rem
  • Merah : Lampu seri belakang
  • Coklat : Klakson

4. Warna Kabel motor SUZUKI

  • Hitam Garis Putih : Massa (-)
  • Merah : Batteray / Accu (+)
  • Putih Garis Merah : Pengisian dari spul
  • Kuning Garis Putih : Penerangan ke saklar lampu
  • Orange : Kunci kontak
  • Abu Abu : Lampu Belakang
  • Putih Garis Hitam : Lampu rem
  • Hijau Muda : Sein kanan
  • Hitam : Sein kiri
  • Putih Garis Biru : CDI ke Koil
  • Biru Garis Kuning : Pulser ke CDI

Tuesday, April 20, 2021

Cara Download Game Berbayar Android Secara Gratis

 TipsSolusi.com - Game adalah salah satu hiburan untuk menghibur diri sendiri yang sedang kesal, bosan, lelah, maupun untuk sekedar mengisi waktu luang. Namun, semua orang ingin memiliki sebuah game yang lebih menantang dan seru lagi, seperti Minecraft, Bully, Final Fantasy, atau GTA bahkan game terbaru seperti Super Mario Run. Dan ternyata, semua itu adalah game berbayar alias tidak dapat di unduh secara gratis.



Namun, di artikel saya kali ini akan memberikan cara baru untuk mendownload aplikasi atau game berbayar secara gratis di Android dan Iphone. Untuk alasan tertentu, bagi sebagian orang untuk mengeluarkan uang Rp. 100 ribu untuk sebuah game tentu cukup berat. Tapi, kalau download game berbayar secara gratis, tentunya mau dong? Berikut caranya!

Cara Download Aplikasi dan Game Berbayar Secara Gratis

Instal Aplikasi Cash For Apps


Cara yang satu ini tentunya sangat aman, namun tentu saja harus dibutuhkan sedikit usaha. Untuk mendownload aplikasi atau game berbayar, download terlebih dahulu aplikasi Cash For Apps, atau sobat bisa mendownloadnya di Google Play Store.

Aplikasi ini akan memberikan Gift Card Google Play Store atau App Store, mulai dari US$10 atau sekitar Rp. 135 ribu dengan menukar poin yang telah dikumpulkan.

Cara Menggunakannya

Bukalah aplikasi Cash For Apps tersebut, dan sobat akan menerima poin dalam beberapa menit. Setelah menerima poin, sobat berhak menggunakan atau menghapusnya dari smartphone. 


BACA JUGA:


Agar tidak boros kuota, lebih baik gunakan WiFi saat mengumpulkan poin dan download berbagai aplikasi dan game berbayar.

Jumlah poin yang harus dikumpulkan untuk menukar Gift Card US$10 adalah 3.300 poin. Sementara, aplikasi atau game yang ingin didownload nanti jumlah poinnya berbeda-beda, mulai dari 10-100 poin.

Untuk mendapatkan poin tambahan dengan cepat, sobat bisa share "invite code" sobat. Jika di invite oleh pengguna iOS, sobat akan mendapatkan 90 poin dan pengguna Android 45 poin.


Kesimpulan

Itu tadi adalah cara untuk mendownload aplikasi atau game berbayar secara gratis. Namun, sobat bisa menukarkan poinnya dengan pulsa juga. Namun, untuk menukarkan poin dengan pulsa, sobat harus mendownload aplikasi yang bernama Cashtree atau aplikasi penukar pulsa lainnya untuk menukarkan poinnya dengan pulsa.

Tips Cara Mengetahui Sambungan Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC

 TipsSolusi.com - Mengetahui Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC - Saat dirumah ketika terdapat masalah pada kelistrikan rumah, maka diperlukan alat test pen listrik AC (Arus Searah) 220V untuk cek sumber tegangan pada kabel / stop kontak. 


Lain halnya ketika pada mobil & motor, Pada kendaraan kabel - kabel biasanya diikat menjadi satu & pasti mebuat sulit untuk menelusuri kabel / mengetahui kabel yang terhubung dengan kutub positif (+) atau kutub negatif (-).

Umumnya kendaraan menggunakan tegangan DC (Arus Bolak - Balik) 12V sehingga memerlukan test pen khusus yang sedikit berbeda dari test pen AC (Arus Searah). Test pen ini biasa disebut dengan Test pen DC.

Untuk mempermudah pekerjaan ketika cek kabel kelistrikan maka digunakanlah
test pen DC ini. Pada test pen DC terdapat lampu yang akan menyala jika salah satu ujung test pen terhubung dengan kutub (+) dan ujung lainnya terhubung dengan kutub (-).
Test Pen DC

Biasanya test pen jenis ini digunakan untuk kelistrikan 12volt, tetapi ada juga yang menjual testpen yang bisa digunakan untuk 6v-12v karena pada sistem kendaraan baru output dari ECU bisa jadi kurang dari 12volt. Tetapi prinsip untuk menggunakannya tetap sama.

Cara Mencari Kutub Positif (+) Atau Negatif (-) Kabel Kelistrikan :

1. Untuk mencari kutub positf (+)
  • Pasang / jepit salah satu ujung test pen DC ke body / baut yang terpasang pada body kendaraan atau pasang pada kutub negatif  (-)
  • Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mencari Kutub Positif (+)

  • Jika test pen menyala, maka itu adalah kabel positif (+).

2. Untuk mencari kutub negatif (-) 
  • Pastikan dulu salah satu ujung test pen sudah terpasang pada kutub positif (+)
  • Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mecari Kutub Negatif (-)

  • Jika test pen menyala, bisa dipastikan itu adalah kabel negatif (-).

Monday, April 19, 2021

Cara Membuat Android Menjadi Layar Monitor Laptop

 TipsSolusi.com - Smartphone memang digunakan untuk diutak-atik. Sobat bisa melakukan segala macam tindakan kreatif dengan hanya sebuah smartphone. Bahkan, sobat bisa membuat smartphone menjadi sebuah layar monitor PC atau Laptop.



Dijadikan monitor? Memangnya bisa? Ya tentu bisa dong. Bagaimana caranya? Melalui artikel saya kali ini, saya akan memberikan satu buah tips dan trik Cara Membuat Android Menjadi Layar Monitor.

Cara Membuat Android Menjadi Layar Monitor pada Laptop

1. Download terlebih dahulu aplikasi iDisplay di Android sobat. 

2. Jangan lupa juga untuk menginstal iDisplay untuk Laptop, instal aplikasi tersebut dan restart laptop sobat.

3. Jika tidak bisa dibuka, sobat harus periksa apa yang membuat aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan. Biasanya karena ada suatu protect.

4. Jalankan iDsiplay di Android sobat. Jangan bingung saat pertama kali membukanya, karena aplikasi ini sedang mencari sinyal yang terhubung ke Laptop. Jadi, hubungkanlah melalui WiFi atau pun USB.


5. Lalu akan muncul sebuah pop-up di Laptop, lalu pilih Always Allow.


6. Setelah semua selesai, cek di Display Settings dengan klik kanan pada Laptop. Lihatlah, apakah smartphone Android sudah terhubung menjadi monitor atau tidak.


7. Setelah itu, aturlah resolusi layar, warna, atau lain sebagainya sesuai keinginan sobat. 


8. Selesai.

Itu tadi adalah Cara untuk Membuat Android Menjadi Layar Monitor Laptop. Tertarik untuk mencobanya pada smartphone Android sobat? Selamat mencoba ya!

Bagaimana Mode Operasi Pada AKI atau ECU (Electronic Control Unit)

 TipsSolusi.com - Mode Operasi Pada ECU (Elektronic Control Unit) - Ecu merupaka sistem pengontrol yang terdapat pada mobil EFI berisi rangkaian elektronika dan software.


    Berikut Mode - Mode Operasi Pada ECU (Elektronic Control Unit) :

    1. Mode Start
    a. Ketika kunci kontak pertama kali ke posisi ON :

    ECU mensuplai tegangan 12 volt ke relai pompa bensin selama 2 detik dengan cara memassakan arus pengendali relay. Akibatnya pompa bensin dapat membangun tekanan dalam sistem bahan bakar.

    Jika mesin tidak perputar, tidak akan ada pembangkitan tegangan referensi oleh ECU. Rangkaian pengendali relai pompa bensin tidak dimassakan untuk mematikan / off- kan pompa.

    b. Sebelum mesin berputar saat kunci kontak ON, ECU menerima sinyal untuk pembacaan-pembacaan data seperti :
    • Temperatur air pendingin
    • Temperatur udara masuk
    • Tekanan atmosfer (MAP/BARO) atau massa udara dari MAF Sensor dan posisi katup gas untuk menentukan perbandingan campuran udara bensin yang pertama.  

    c. Selama mesin berputar waktu start :

    ECU mengirim pulsa ke injektor berdasarkan pulsa referensi rpm. Jika temperatur air pendingin rendah, lebar pulsa injektor diperpanjang dan terjadilah pengayaan perbandingan campuran udara-bensin.

    Jika temparatur air pendingin naik, lebar pulsa menjadi lebih pendek dan perbandingan campuran udara-bensin menjadi lebih kurus. Pada waktu start perbandingan udara-bensin ditentukan oleh ECU berkisar dari 1.5:1 pada 36 derajat C (-38F) sampai 14.7:1 pada 94 derajat C (202F)

    Catatan :
    • Mode start normal injektor menyemprotkan bensin mengikuti prosedur di atas selama katup gas menutup penuh.
    • Jika trotel dibuka, biarpun kecil, perbandingan campuran udara-bensin akan berubah.

    2. Mode Pembersih Saat Banjir Bensin 
    Jika mesin banjir bensin, pengemudi dapat menekan pedal gas sebesar 80% atau lebih besar untuk mengaktifkan Mode Pembersih Saat Banjir, agar lebih mudah meyakinkan bahwa katup gas telah dibuka 80% untuk mengaktifkan mode ini maka dapat dilakukan dengan menekan pedal gas secara penuh ke lantai (katup gas akan terbuka penuh).

    Pada waktu katup gas terbuka penuh dan putaran mesin dibawah 600 rpm (saat start) maka ECU memberikan pulsa injektor dengan perbandingan campuran udara-bensin 20:1. Bahkan memungkinkan pula beberapa saat injektor akan menghentikan penyemprotan secara total/ECU mematikan pulsa-pulsa injektor.   

    3. Run Mode (Mode Jalan) 
    Mode Jalan mempunyai 2 kondisi : Loop Terbuka (open loop) dan Loop Tertutup (closed loop). 

    4. Open Loop (Loop Terbuka) 
    Ketika mesin dihidupkan/distart pertama kali, sistem adalah dalam loop terbuka, ECU tidak menggunakan sinyal oksigen sensor, sebagai pengganti ECU menghitung rasio campuran udara- bensin dari sensor-sensor TP, ECT, MAP/MAF, IAT dan CKP. 

    Sistem akan berjalan dalam loop terbuka sampai kondisi-kondisi berikut ditemui :

    Tegangan keluar oksigen sensor bervariasi, suhu mesin sudah mencapai temperatur kerja dan oksigen sensor telah mengirimkan sinyal secara akurat ke ECU. Sensor air pendingin mesin telah mengirimkan sinyalnya ke ECU dan suhu kerja mesin telah tercapai.

    Lamanya waktu setelah start sudah tercapai, besaran waktu ini telah disimpan dalam data software memeori ECU sedemikian rupa dan disesuaikan dengan keadaan operasional mesin saat itu.

    5. Closed Loop (Loop Tertutup) 
    Ketika sinyal O2 Sensor, sensor temperatur air pendingin (ECT) dan kondisi-kondisi operasional mesin sudah bekerja sesuai dengan data pada software closed loop, maka ECU berubah ke loop tertutup. Loop tertutup berarti ECU memeriksa dan memperbaiki rasio campuran udara-bensin berdasarkan perubahan sinyal tegangan dari O2 Sensor (Oksigen sensor). 

    Bila sinyal O2 Sensor di bawah 450 mV, ECU akan menaikkan lebar pulsa injektor untuk memperkaya pernadingan campuran udara-bensin, ketika tegangan sinyal O2 Sensor naik di atas 450 mV, ECU mengurangi lebar pulsa injektor membuat perbandingan campuran lebih kurus. 

    Pada loop tertutup sensor yang lain tetap bekerja sebagaimana mestinya untuk memberikan input pada ECU.   Dengan kekonstanan pengindraan oksigen yang terkandung dalam gas buang, ECU dapat mempertahankan perbandingan campuran udara-bensin mendekati rasio ideal 14.7:1 (stokiometrik), agar katalitik konverter dapat bekerja secara effisien.   

    6. Semi-Loop Tertutup 
    Guna meningkatkan penghematan bensin, dalam beberapa tipe ECU, sub-mode loop tertutup diprogramkan. Sub-mode ini disebut semi-loop tertutup, terjadi selama pengendaraan di jalan raya kecepatan tinggi dan beban mesin ringan. ECU mengatur bensin lebih kurus dari 14.7:1.

    Converter Protection Mode (Mode Perlindungan Katalitik Konverter) ECU memonitor secara konstan operasional mesin melalui input-input seperti oksigen sensor, dan kondisi-kondisi perkiraaan yang dapat menyebabkan katalitik konverter mencapai temperatur yang berkelebihan. Jika ECU menemukan bahwa kondisi panas lanjut konverter terjadi, sistem kembali ke loop terbuka, dan memperkaya campuran bensin yang dapat mendinginkan konverter.  

    7. Acceleration Enrichment Mode (Mode Akselerasi Percepatan) 
    Ketika katup gas dibuka dengan cepat atau akselerasi, pembukaan katup gas ini akan menyebabkan penambahan secara simultan tekanan dalam manifold absolute pressure (MAP) atau massa udara (MAF) dan juga terjadi perubahan yang cepat pada sudut katup gas. 

    Penyemprotan bensin harus ditingkatkan untuk mengimbangi udara yang berlebih juga untuk respon perubahan tiba-tiba sinyal TP dan MAP/MAF, lalu ECU mengatur pulsa injektor yang lebih panjang agar campuran tidak menjadi kurus.   

    8. Decceleration Enleanment Mode (Mode Pengurangan Kecepatan) 
    Ketika mesin menurunkan kecepatan, campuran udara-bensin yang lebih kurus dibutuhkan guna mengurangi emisi hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO). ECU menerika data pengurangan tekanan atau massa udara dari MAP/MAF Sensor dan pengurangan posisi sudut katup gas (TP sensor) untuk menghitung dan pengurangan /penurunan dalam lebar pulsa injektor. 

    Pengurangan kecepatan mungkin sebagian atau secara penuh atau pengemudi mungkin tiba-tiba mengembalikan katup gas pada posisi akselerasi atau posisi idel ECU akan dapat menyesuaikan dengan tepat waktu dari segala operasional tersebut. 

    Apabila pengurangan kecepatan sampai katup gas pada posisi tertutup, ECU menyensor/mengindera bahwa pengemudi bermaksud ke mesin kembali ke putaran idel, penyemprotan bensin mungkin diputus sama sekali (pengurangan kecepatan dengan pemutusan injeksi) jika mendekati putaran idel kembali penyemprotan bensin dilakukan lagi agar putaran idel dapat dipertahankan   

    9. Fuel Cut-Off Mode (Mode Pemutusan Bensin) 
    Salah satu tujuan pemutusan bensin adalah untuk menghentikan penyemprotan bensin dari mesin selama kondisi-kondisi pengurangan kecepatan, misalnya ketika pengemudi melepas pedal gas dan kecepatan kendaraan masih relatif tinggi, maka ECU akan memutuskan penyemprotan bensin, misalnya saat menutun, atau jalan datar tapi pengemudi tiba-tiba tidak menekan pedal gas.

    ECU mungkin juga diprogram untuk memutuskan aliran bensin untuk alasan keamanan ketika mesin belum mencapai putaran maksimum (speed limiter), nilai putaran maksimum ini berbeda pada setiap mesin kendaraan. 

    Pemutusan bensin juga terjadi ketika pengapian dimatikan �OFF�, tanpa pulsa-pulsa referensi pengapian dari CKP Sensor, ECU tidak mengaktifkan injektor dan tidak ada bensin yang disemprotkan untuk mencegah dieseling atau run-on.   

    10. Selective Fuel Cut-Off (Pemutusan Bensin Selektif) 
    Adakalanya pemutusan bensin selektif digunakan dalam beberapa penerapan untuk pengaturan torsi mesin dan perlindungan mesin dari kerusakan. Dalam penerapan ini ECU dapat mematikan injektor apabila terjadi kondisi-kondisi seperti di bawah ini; Torque management enabled (pengaturan torsi); digunakan untuk mengurangi torsi selama transmisi berganti kecepatan. 

    Traction Control Enabled (kontrol traksi) : terjadi untuk mengurangi torsi saat pengereman. High Coolant Condition (kondisi sistem pendingin kurang sempurna) - melindungi mesin over heating, jika tidak ada bensin diinjeksikan ke silinder-silinder tertentu, sedikit panas dibangkitkan akan dapat mengurangi temperatur air pendingin. 

    11. Backup Mode 
    Dalam mode ini ECU bekerja melalui kalibrasi data internal yang memungkinkan ECU untuk menjalankan mesin dengan hanya melalui input-input rpm, posisi katup gas dan temperatur air pendingin untuk merubah penghitungan penyemprotan bensin. Peristiwa ini hanya terjadi saat ECU tidak dapat menerima secara normal masukan data dari sensor yang lain, meskipun demikian mesin masih dapat hidup meskipun engine check lamp ( MIL) menyala.   

    12. Mode Koreksi Tegangan Baterai 
    ECU yang cerdas juga dapat bekerja dan menyesuaikan diri dengan tegangan baterai hal ini diesebut dengan Mode Koreksi Tegangan Baterai, ECU akan mengoreksi kerja untuk mengimbangi variasi-variasi tegangan baterai ke pompa bensin dan injektor, ECU mengubah lebar pulsa pembukaan injektor guna mengkoreksi tegangan yang bervariasi pada baterai. 

    Ketika tegangan baterai turun, pompa bensin melambat dan volume bensin turun. untuk mengimbanginya, ECU menambah lebar pulsa injektor. Mode koreksi tegangan baterai ini selalu bekerja dengan akurat pada setiap kondisi operasional mesin. ECU juga melakukan mode ini saat tegangan baterai rendah waktu putaran idel atau mesin distart, ECU juga mengatur arus primer dengan penambahan waktu sudut dwell, agar kemampuan percikan bunga api pada busi tetap stabil meskipun tegangan baterai berubah.

    Sunday, April 18, 2021

    Cara Unroot Android dengan Mudah Agar Garansi Tidak Hilang

     TipsSolusi.com - Lama tidak posting, akhirnya saya menyempatkan kembali untuk membuat sebuah artikel yang berjudul Cara Unroot Android dengan Mudah.



    Tentunya, akibat fitur bawaan yang terbatas pada smartphone itu sendiri, bukan tidak mungkin kalau sobat melakukan root pada Android milik sobat. Dengan cara ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan pada smartphone itu sendiri.

    Meski banyak membantu, cara root ini tentunya memiliki kelemahan yaitu berupa hilangnya garansi smartphone sobat. Dan tentunya, jika smartphone sobat mengalami kerusakan dan ingin membetulkannya secara cuma-cuma atau gratis, tentunya harus memiliki garansi yang masih aktif. Untuk mengakalinya, sobat bisa melihat caranya di bawah ini.

    Cara Mudah Unroot Android

    Yang harus sobat lakukan pertama kali adalah dengan mendownload aplikasi Root ExplorerES File Explorer, atau pun X-Plore File Manager. Sobat bisa mendownload-nya di bawah ini (Pilih salah satu).


    Caranya:

    Disini saya menggunakan ES File Explorer, sobat bisa memilih salah satu aplikasi diatas dan caranya tetap sama.

    1. Silahkan buka aplikasi yang telah didownload tersebut, lalu aktifkan fitur Root Explorer di bilah menu.


    2. Buka direktori Root (tanda "/") dan cari /system/bin/. Lalu cari file su didalam folder bin, lalu pilih hapus.


    3. Buka folder /system/xbin/, lalu cari kembali file su dan pilih hapus.


    4. Selanjutnya, hapus aplikasi Super SU atau Kingroot dari sistem. Caranya, buka folder /system/app/, dan cari file SuperSU.apk atau Kinguser.apk (Sesuai yang digunakan), lalu pilih hapus


    5. Langkah terakhir, sobat hanya tinggal me-restart smartphone. Maka akses root yang berada pada smartphone sobat akan hilang tanpa jejak.


    Bagaimana, mudah 'kan cara unroot Android dengan salah satu cara yang satu ini? 
    Selain untuk memudahkan untuk bisa mengakses kembali garansi smartphone, cara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan sobat dengan fungsi direktori root pada Android yang sudah di Root. Jadi, fungsi pada aplikasi ini bukan hanya untuk memodifikasi sistem saja. Selamat mencoba!

    Mengenal Macam - Macam Lampu Indikator Dashboard Mobil

     TipsSolusi.com - Macam - Macam Lampu Indikator Dashboard Mobil - Ada cukup banyak lampu indikator yang terdapat pada mobil, banyak sedikitnya lampu indikator ini berbeda - berbeda pada setiap merek mobil.


    Beberapa Lampu Indikator Pada Dashboard Mobil Yang Penting Untuk Diketahui


    1. Indikator Check Engine Atau MIL (Malfuction Indicator Lamp)


    Salah satu lampu indikator mobil yang paling penting untuk diketahui adalah lampu check engine atau lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Jika mobil dalam keadaan normal, saat kunci kontak ON (mesin mati) lampu indikator ini akan menyala.

    Dan setelah kunci kontak ON mesin hidup maka lampu check engine ini akan mati, tetapi ketika mesin sudah hidup indikator check engine tetap menyala, ada indikasi malfungsi atau kerusakan pada mesin mobil  yang harus segera dicek menggunakan scantool.

    2. Indikator Seatbelt (Sabuk Pengaman)


    Ketika sabuk pengaman belum digunakan oleh pengemudi atau penumpang, maka lampu ini akan menyala. Pada mobil keluaran terbaru, indikator ini bukan hanya berupa lampu, tetapi juga suara yang terdengar cukup nyaring. Selama pengemudi / penumpang belum memasang safety belt, suara peringatannya pun akan terus berbunyi.

    3. Indikator SRS Airbag System


    Jika terdapat lampu indikator bertuliskan �SRS� atau gambar orang duduk memangku sebuah bulatan, maka artinya mobil tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman pendukung berupa Airbag System. Airbag akan mengembang ketika mobil mengalami benturan yang cukup keras, airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi & penumpang mobil ketika mobil tabrakan.

    Airbag terdapat banyak tipe, diantaranya : airbag depan, airbag tirai & airbag samping. Biasanya sistem airbag dilengkapi dengan modul atau ECU (Electronic Control Unit) sendiri yang digunakan untuk mengatur sistem airbag ini.

    Jika lampu indikator ini menyala artinya terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil. Segera lakukan scanning untuk cek penyebab lampu indikator ini menyala agar sistem airbag mobil dapat berfungsi dengan normal.

    4. Indikator Bahan Bakar


    Lampu indikator ini berfungsi untuk mengingatkan pengemudi ketika bahan bakar didalam tanki bahan bakar tinggal sedikit, dalam keadaan seperti ini mobil akan tetap masih berjalan.

    Karena saat lampu indikator bahan bakar mulai nyala, didalam tanki bahan bakar masih menyimpan 3 - 6 liter bensin, jumlah tersebut dapat berbeda - beda pada setiap merek mobil. Tetapi jika terlalu lama bahan bakar tidak segera isi maka yang terjadi mobil bisa mati mendadak karena kehabisan BBM.

    5. Indikator Suhu Mesin


    Jika pengemudi atau pemilik kendaraan mengabaikan indikator suhu atau temperatur mesin pada dashboard mobil, mesin mobil bisa kapan saja mengeluarkan asap akibat mesin overheat. Maka dari itu pening untuk selalu memperhatikan indikator suhu mesin setiap saat.

    Ketika indikator suhu menunjukkan warna kuning atau orange, artinya temperature mesin masih dalam keadaan sedang. Tetapi ketika indikator menunjukkan warna merah, pengemudi patut untuk segera menepikan kendaraan dan mematikan mesin.

    6. Indikator CHG


    Aki / Accu merupakan salah satu komponen penting pada mobil utamanya pada sistem pengisian sebuah kendaraan. Jika tidak terjadi kondisi yang tak normal pada sistem pengisian maka seluruh sistem kelistikan yang menggunakan aki sebagai sumbernya maka tidak akan dapat menyala.

    7. Indikator Pintu


    Lampu indikator pintu ini akan menyala  saat ada pintu yang masih belum tertutup dengan rapat. Maka perlu untuk selalu menutup pintu mobil dengan benar & rapat, karena jika pintu tertutup tidak sempurna dapat membahayakan.

    8. Indikator ABS (Antilock Braking System)


    Lampu indikator ABS umumnya bertuliskan ABS yang menunjukkan kondisi fitur sistem rem ABS (Antilock Braking System) yang terdapat pada kendaraan. 

    Lampu indikator ini hanya terdapat padam obil yang sudah menggunakan sistem rem ABS. Jangan abaikan jika indikator ABS terus menyala,  hal ini memberikan isyarat bahwa ada masalah pada fitur ABS mobil yang harus segera dilakukan pengecekan pada sistemnya.

    9. Indikator Hand Brake / Parking Brake


    Hand brake (rem tangan) atau parking brake (rem parkir) adalah rem yang digunakan ketika mobil berhenti, hal ini digunakan untuk menjaga agar mobil tetap pada posisinya dan tidak bergerak. Indikator ini akan menyala untuk mengingatkan pengemudi bahwa tuas rem tangan (hand brake) masih bekerja dan belum dikembalikan pada posisi bebas.

    10. Indikator EPS (Electric Power Steering)


    Indikator EPS (Electric Power Steering) berfungsi untuk memperingatkan pengemudi atau pemilik kendaraan bahwa telah terdapat malfungsi pada sistem kemudi power steering.

    Dalam kondisi normal saat kunci kontak mulai ON, lampu indikator ini akan menyala dan kemudian mati setelah mesin mulai hidup. Tetapi ketika terdapat malfungsi pada sistem kemudi power steering, indikator EPS akan tetap menyala saat mesin hidup.

    11. Indikator TPMS (Tyre Pressure Monitoring System)


    Indikator TPMS ini terdapat pada mobil keluaran terbaru, indikator tekanan ban menyala ketika tekanan angin ban pada beberapa ban mobil berkurang. Kurangnya tekanan angin pada ban dapat berakibat borosnya penggunaan bahan bakar, sampai menyebabkan kecelakaan akibat ban selip di jalanan yang basah. 

    Jika tekanan ban berkurang segera mungkin untuk tambah angin. Penting untuk diingat, ban yang kempes jika digunakan saat jarak tempuh kendaraan jauh atau terlalu cepat maka ban dapat  rusak secara permanen.

    12. Indikator Oli Pelumas


    Kondisi oli pelumas mesin mobil dapat diketahui melalui indikator oli pelumas pada kendaraan, hal ini dilakukan agar pemilik kendaraan tidak lupa untuk mengganti atau menambah oli pelumas. Perhatikan indikator oli pelumas tersebut baik-baik, jika indikatornya menyala warna merah, segera lakukan penambahan atau penggantian oli pelumas.